Langsung ke konten utama

Peran dan Fungsi Mahasiswa


usa
Saya akan memaparkan peran dan fungsi mahasiswa. Wikipedia menjelaskan bahwa Mahasiswa  adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi. Mahasiswa adalah siswa yang memiliki pemikiran, kebiasaan, dan kedewasaan yang lebih matang daripada status siswa yang lainnya. Saya sebagai mahasiswa belajar untuk mendewasakan diri sendiri, berpikiran positif, dan berprilaku sesuai dengan adat dan istiadat di lingkungan sekitar. Sehingga dapat berperan aktif dan mengembangkan diri dalam masyarakat serta memberikan kontribusi bagi lingkungan dan meningkatkan kualitas sumber daya masyakarat.
Suatu negara dapat berkembang apabila memiliki generasi penerus yang sadar akan lingkungan dan perkembangan zaman. Mahasiswa adalah acuan dimana sebuah negara akan berkembang atau terbelakang. Mahasiswa memiliki peran dan fungsi bagi dirinya sendiri dan lingkugan yang ada di sekitarnya. Mahasiswa sadar akan gelar yang dia miliki sebagai mahasiswa sehingga merasa harus terus berkembang. Mulai dari dalam kepribadiannya sendiri  sampai  ilmu yang mereka dapatkan, sehingga akan berperan sebagai kontributor bagi dirinya sendiri.
Ilmu adalah modal penting yang dibutuhkan mahasiswa sehingga ia dapat berperan dan berfungsi selayaknya. Tempat menuntut ilmu adalah sarana atau media para mahasiswa. Contohnya Universitas Telkom yang memberikan berbagai fasilitas untuk para mahasiswanya agar dapat mengembangkan potensinya sendiri. Lingkungan kampus berperan untuk mendorong para mahasiswa untuk meningkatkan kualitas softskill yang nantinya akan berguna bagi mahasiswa agar dapat mencair di lingkungan masyarakat dan dapat memberikan prestasi bagi lingkungan, masyarakat dan negaranya. Kualitas sebuah universitas/perguruan tinggi terlihat dari kualitas para mahasiswanya. Oleh karena itu, mahasiswa harus memaksimalkan potensi akademik dan nonakademiknya secara mandiri.
Bersaing dalam masyarakat adalah hal lumrah yang terjadi pada para mahasiswa. Perbedaan media menuntut ilmu menyebabkan berbedanya cara pandang atau pola pikir para mahasiswanya. Perbedaan ini akan bersifat positif apabila para mahasiswa dapat saling bertukar informasi. Berpandangan bahwa suatu masalah dapat diselesaikan melalui cara pandang yang berbeda. Dalam kata lain, berbagi ilmu untuk dapat meningkatkan potensi tiap individunya.
Saya simpulkan bahwa mahasiswa sudah sepantasnya untuk memiliki fungsi dan peran positif dilingkungan masyarakat. Karena pada akhirnya, mahasiswa akan kembali ke masyarakat dan berperan sebagai anggota masyarakat. Segala kegiatan dan aktivitas yang dilakukan di lingkungannya akan tercermin oleh kulaitas mahasiswa sejak ia berperan dalam lingkungan kampus. Banyak cara untuk meningkatkan kualitas sebuah negara apabila para penerusnya memiliki kemampuan untuk dapat bersaing di dunia internasional. Universitas Telkom memiliki keingingan untuk menghasilkan para penerus bangsa yang dapat berperan aktif dalam masyarakat bahkan bersaing di dunia internasional serta memajukan negara Indonesia melalui para mahasiswanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Nabi Isa a.s - Power Point

Presented by Gusty Aditya Arrazaq Dwi Mutiara Lestari M Irfan Faisal Silmi Nazmi H Candra Setiawan Wildan Paksi P Guru Pembimbing : Ibu Nining SMA NEGERI 15 BANDUNG JL. Sarimanis I http://www.sman15bdg.net/

Amy Jade Winehouse

Amy Jade Winehouse  (lahir 14 September 1983 – meninggal di London, Inggris, 23 Juli 2011 pada umur 27 tahun) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz, dan R&B dari Inggris. Album perdananya,  Frank  (2003) dinominasikan untuk  Mercury Prize . Winehouse adalah pemenang  Ivor Novello Awards  dua kali: pertama pada 2004 untuk single perdananya " Stronger than Me " dan kedua pada 2007 untuk single "Rehab". Pada 14 Februari2007, ia memenangkan BRIT Awards untuk Best British Female Artist. Winehouse dilahirkan di  Southgate , London, dari ayah Mitchell Winehouse dan ibu Janis. Pada usia 10 ia mendirikan duo rap Sweet 'n' Sour. Ia belajar gitar pada usia 13. Ketika berusia 16 tahun, ia mulai menyanyi secara profesional setelah temannya,  Tyler James , memberi kaset demonya ke seorang A&R. Ia dikotrak oleh  Island/Universal , di bawah manajemen  19 Management  milik  Simon Fuller . Winehouse meninggal pada usia 27 tahun tanggal 23 Juli 2011 di

sel tumbuhan dilihat melalui mikroskop

pengamatan ini dilakukan di SMA NEGERI 15 BANDUNG. oleh : Dwi Mutiara L Eprima Agnitasari Gusty Aditya A M Irfan Faisal Silmi Nazmi H dengan bimbingan guru biologi: Ibu Liza.