Langsung ke konten utama

Contoh Karya Ilmiah (Makalah)






ALUR CERITA FILM IN TIME
ANDREW NICCOL
Makalah
Sebagai tugas pekerjaan Bahasa Indonesia
Pembimbing Dra. Rosani Pudjiati M.pd
Oleh
GUSTY ADITYA ARRAZAQ
XI  IPA 2
DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDUNG
SMA NEGERI 15
2012



KATA PENGANTAR
        Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan berkat serta karunia-Nya akhirnya penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dalam rangka pemenuhan tugas Bahasa Indonesia.
        Tugas karya ilmiah ini merupakan sarana  bagi siswa/siswi untuk mempelajari pembuatan sebuah karya ilmiah serta sarana untuk menyalurkan kreativitas dalam wadah pendidikan.
        Pembuatan karya ilmiah ini dibimbing oleh Dra. Rosani Pudjiati M.pd dan penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga pembuatan makalah dapat tuntas tepat pada waktunya.
         Karya ilmiah ini tidak lepas dari kekurangan. Oleh karena itu, penulis tidak menutup saran ataupun kritik yang dapat membangun kinerja pembuatan makalah penulis selanjutnya.
Bandung, 1 Juni 2012
Penulis




DAFTAR ISI
Kata Pengantar                                                                                               i          
Daftar Isi                                                                                                             ii
BAB I Pendahuluan                                                                                        
            1.1 Latar Belakang Masalah                                                                           1
            1.2 Tujuan Pembahasan                                                                                  2
            1.3 Pembatasan Masalah                                                                                 2
            1.4 Teori                                                                                                          2
            1.5 Sumber Data                                                                                             2
            1.6 Metode dan Teknik                                                                                   2
BAB II Pembahasan
            2.1 Ringkasan Cerita                                                                                       3
            2.2 Teori                                                                                                          4
            2.3 Pembahasan                                                                                              4
                        2.3.1 Awal Cerita                                                                                4
                        2.3.2 Konflik                                                                                       5
                        2.3.3 Puncak                                                                                       5
                        2.3.4 Penyelesaian                                                                               5
            2.4 Hasil Pembahasan                                                                                     5
BAB III Penutup
            3.1 Kesimpulan                                                                                               7
            3.2 Saran dan Himbauan
                        3.2.1 Saran                                                                                          7
                        3.2.2 Himbauan                                                                                   8
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                            9





BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
            Penulis memilih film “ IN TIME “ sebagai apresiasi terhadap dunia perfilman yang semakin berkembang pesat. Film ini menampilkan kecanggihan dalam setiap aspek pembuatannya. Kehidupan modern di muka bumi ini menjadi latar belakang pembuatan film ini. Alur cerita dibuat sangat menarik dengan sentuhan moral dan nilai kehidupan yang didapatkan manusia modern. Justin Timberlake seorang penyanyi terkenal mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemeran utama dalam film ini. Dengan kepribadian Justin Timberlake yang sangat menonjol dalam film ini membuat alur cerita semakin memiliki kualitas yang tinggi.
            Film ini sangat menarik untuk di tonton, juga memberikan inspirasi dan inovasi baru bagi para penontonnya. Oleh karena itu, film ini sangat digemari dipasaran sejak pemutaran filmnya yang pertama di Planet Hollywood hingga negara-negara di Asia termasuk Indonesia. Penonton dibuat hanyut ke dalam alur cerita film tersebut, sehingga film ini mendapat banyak pujian dari kritikus-kritikus dunia perfilman.
            Dengan penulis membuat makalah ini, pembaca diharapkan dapat memperdalam karakteristik alur cerita film “ IN TIME “ ini, serta memahami bagaimana sebuah alur cerita dapat membuat sebuah film menjadi berkualitas tinggi dan menghipnotis para penontonnya untuk menghasilkan karya-karya lain yang setara dengan film ini.
            Pada makalah penulis yang berjudul ALUR CERITA FILM IN TIME diungkapkan  rumusan masalah sebagai berikut.
            1. Apakah yang terjadi pada kehidupan modern?
            2. Mengapa terjadi kesenjangan sosial?
            3. Apa kewenangan golongan kaya terhadap seluruh kehidupan di muka bumi?
            4. Bagaimana cara menyelarasknan kehidupan modern yang penuh intrik ini?
1.2 Tujuan Pembahasan
            Pada makalah penulis yang berjudul ALUR CERITA FILM IN TIME mempunyai tujuan sebagai berikut.
            1. Ingin mengetahui awal cerita pada film IN TIME.
            2. Ingin mengetahui konflik cerita pada film IN TIME.
            3. Ingin mengetahui puncak cerita pada film IN TIME.
            4. Ingin mengetahui penyelesaian cerita pada film IN TIME.
1.3 Pembatasan Masalah
            Penulis hanya membatasi masalah mengenai ALUR CERITA meskipun ada unsur-unsur interinsik yang lain, mengingat waktu tidak mencukupi.
1.4 Teori
            Teori yang digunakan pada makalah ini adalah menguraikan definisi, jenis dan tahapan ALUR CERITA.
1.5 Sumber Data
            Sumber data pada makalah penulis yang berjudul ALUR CERITA FILM IN TIME adalah dari film berjudul IN TIME. Sutradara Andrew Niccol, produser Debra James, Andrew Niccol, Kristel Laiblin, Army Israel, Eric Newman, pelaku Justin Timberlake sebagai Will Salas, Amanda Seyfried sebagai Sylvia Weis, dengan durasi 109 menit.
1.6 Metode dan Teknik
            Metode yang digunakan pada penulisan makalah ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan ALUR CERITA. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi yaitu mengamati ALUR CERITA pada film IN TIME.
BAB II
PEMBAHASAN
            Pada pembahasan makalah penulis yang berjudul ALUR CERITA FILM IN TIME diuraikan ringkasan cerita, teori, pembahasan dan hasil pembahasan.
2.1 Ringkasan Cerita
            IN TIME menceritakan kehidupan manusia yang tak akan lepas dari waktu. Mereka bekerja demi waktu dan terkadang waktu dipertaruhkan. Waktu menjadi nilai ukur mata uang yang bebas diperjualkan bahkan dicuri. Waktu sangat berharga dan menjadi harta yang sangat bernilai. Karena waktu, mereka bisa hidup dan karena waktu pula mereka bisa mati. Detik ke menit, menit ke jam, jam ke hari, hari ke bulan dan seterusnya. Begitulah waktu bekerja pada kehidupan. Semua aktivitas manusia tergantung pada waktu. Secara genetik, kehidupan manusia dirancang berusia tak lebih dari 25 tahun. Masalahnya adalah mereka hanya memiliki satu tahun untuk hidup setelahnya. Banyaknya waktu yang dimiliki manusia  menjadi pembeda antara yang kaya dan miskin. Si miskin dapat mati sedangkan si kaya dapat hidup abadi.
            Will Salas (Justin Timberlake) menerima takdir hidup sebagai salah satu anggota keluarga miskin. Dia dan ibunya harus bertahan demi tambahan waktu yang kian menipis. Berbeda dengan Sylvia Weis (Amanda Seyfried) yang dilahirkan dari keluarga kaya raya. Kehidupan mewah dan hidup abadi dapat ia raih lantaran deposit waktu yang tidak terkira. Kehidupan Will Salas berubah dikala ia bertemu dengan seseorang yang memberikan waktu hidupnya secara cuma-Cuma. Akhirnya, ia diburu genk perampok karena memiliki waktu berlebih. Sementa itu, Will juga diburu Time Keepers (para penjaga/polisi waktu) akibat tuduhan telah mencuri waktu dan terlibat pembunuhan. Dari situlah petualangan Will bermula dan bertemu pertama kalinya dengan Sylvia Weis. Seiring berjalannya waktu, keduanya terlibat ke arah kriminal memperjuangkan “waktu” untuk dibagi-bagikan secara gratis kepada masyarakat miskin. Sehingga, tidak ada lagi perbedaan status sosial di kehidupan manusia modern.
2.2 Teori
            Pada penulisan makalah ini, penulis akan menguraikan teori ALUR CERITA yang meliputi definisi, jenis dan tahapan alur. ALUR CERITA adalah rangkaian peristiwa atau kejadian yang sambung-menyambung dalam suatu cerita. Jenis-jenis ALUR CERITA dibagi menjadi 3 yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Alur maju adalah  rangkaian peristiwa yang bersifat kejadian pada masa itu dan selanjutnya. Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang bersifat kejadian pada masa lampau yang diceritakan kembali. Alur campuran adalah rangkaian peristiwa yang bersifat kejadian bolak-balik antara masa itu, selanjutnya dan masa lampau. Tahapan alur merupakan urutan peristiwa dalam suatu cerita. Tahapan alur dibagi menjadi 4 yaitu awal cerita, konflik, puncak dan penyelesaian. Awal cerita merupakan pengenalan tokoh, problem, suasana hati dan/atau kapan peristiwa terjadi. Konflik adalah masalah dalam cerita yang dapat berupa konflik fisik dan/atau konflik batin. Puncak cerita adalah suasana dimana masalah yang terdapat pada cerita berada di posisi tertinggi (klimaks). Penyelesaian adalah kondisi dimana masalah telah dipecahkan, dapat membuat  kondisi akhir cerita menjadi happy ending atau sad ending.
2.3 Pembahasan
            Pada makalah penulis yang berjudul ALUR CERITA FILM IN TIME akan diuraikan tentang alur cerita.
2.3.1 Awal Cerita
            Menurut penulis, awal cerita dalam film IN TIME merupakan kapan peristiwa terjadi. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya gedung-gedung pencakar langit, teknologi benda-benda dan transportasi canggih, pakaian yang digunakan, ilmu pengetahuan manusia yang luas seperti merekayasa genetik manusia untuk memberhentikan penuaan hingga umur 25 tahun dan mendapatkan satu tahun untuk hidup setelahnya serta kodisi lingkungan yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut terjadi pada masa modern.
2.3.2 Konflik
            Menurut penulis, konflik dalam film IN TIME menggunakan konflik batin dan konflik fisik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya adegan antara seorang ibu dan anaknya (Will Salas) yang sedang mengutarakan perasaan mereka, adegan dimana orang-orang yang berada di bawah garis kemiskinan berjuang melawan keterpurukan yang disebabkan orang-orang kaya, adegan dimana beberapa orang mati  karena kehabisan waktu mereka akibat berjudi, memiliki hutang atau dicuri, adegan dimana seorang ibu berjuang melawan kematiannya dengan berlari sekuat tenaga agar dapat menggapai tangan untuk mendapatkan “waktu”  dari anaknya (Will Salas), serta adegan dimana penculikan Sylvia Weis di hadapan para penjaga waktu dan para tamu undangan sebuah pesta ayahnya oleh Will Salas.
2.3.3 Puncak
            Menurut penulis, puncak dalam film IN TIME adalah saat Will Salas dan Sylvia Weis berjuang dengan hanya sedikit waktu mereka untuk membantu dunia menyetarakan status sosial yang ada di muka bumi dengan cara membobol bank waktu milik ayahnya sendiri dan kabur dari penjagaan para time keeper yang ternyata salah satu anggotanya adalah seorang koruptor waktu.
2.3.4 Penyelesaian
            Menurut penulis, penyelesaian dalam film IN TIME adalah happy ending. Hal ini dapat dibuktikan dengan status sosial yang menjadi setara di seluruh muka bumi dan tidak adanya lagi tindak kriminal untuk mendapatkan beberapa “waktu” serta Will Salas dan Sylvia Weis yang dapat hidup selaras di muka bumi dengan terus membantu orang-orang yang berada di bawah garis kemiskinan.
2.4 Hasil Pembahasan
            Hasil yang penulis temukan pada penelitian ini adalah bahwa pada adegan akhir film atau penyelesaian cukup membingungkan para penonton karena setting tempat akhir cerita yang kurang jelas. Satu hal yang membingungkan pada awal cerita adalah pakaian yang digunakan Will Salas tidak sesuai dengan kondisi ekonomi tokohnya yang dikenal sebagai salah satu masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan, sedangkan pakaian yang ia gunakan lebih tepat digunakan oleh kalangan atas.




BAB III
PENUTUP
            Pada bagian penutup ini penulis akan menguraikan kesimpulan dan saran beserta himbauan. 
3.1 Kesimpulan
            ALUR CERITA dalam film IN TIME yang telah dianalisis penulis memiliki banyak keunggulan. Awal cerita yang begitu canggih pengemasannya begitu menarik perhatian. Kapan peristiwa terjadi yang digunakan sebagai awal cerita memaparkan keunggulan peristiwa dalam film ini. Konfilk pada film ini dapat membuktikan bahwa penggunaan dinamika penceritaan begitu penting dalam setiap pembuatan film. Puncak cerita yang dibuat menegangkan mengenai betapa pentingnya sebuah “waktu”, menambah nilai moral serta nilai jual/keeksisan film ini. Penyelesaian sebuah film biasanya dapat terbaca oleh penonton bahkan saat adegan awal cerita, namun film IN TIME ini menggunakan sudut pandang lain yang dapat membuat penonton mengubah kemungkinannya beberapa kali untuk menebak apa yang akan menjadi akhir film ini.
3.2 Saran dan Himbauan
3.2.1 Saran
            Penulis makalah menyarankan  ALUR CERITA dalam film IN TIME yang ber-genre action ini sebaiknya dibuat lebih menyentuh hati para penontonnya dengan memasukkan lebih banyak adegan dramatis pada film ini, agar nilai moral dan nilai estetika lebih tersampaikan dan lebih memukau para penonton. Penyelesaian dalam film sebaiknya dibuat lebih dinamis agar penonton dapat menerima pesan film IN TIME ini. Serta puncak cerita sebaiknya dibuat lebih atraktif agar dapat membangkitkan perasaan dan suasana saat penonton menyaksikan film IN TIME.
3.2.2 Himbauan
            Penulis makalah ini menghimbau dan berharap agar sutradara dan penulis film IN TIME (Andrew Niccol) dapat menerima semua saran yang diberikan oleh penulis.
  



DAFTAR PUSTAKA
Niccol Andrew. 2011. IN TIME. Planet Hollywood: Regency Enterprises.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Nabi Isa a.s - Power Point

Presented by Gusty Aditya Arrazaq Dwi Mutiara Lestari M Irfan Faisal Silmi Nazmi H Candra Setiawan Wildan Paksi P Guru Pembimbing : Ibu Nining SMA NEGERI 15 BANDUNG JL. Sarimanis I http://www.sman15bdg.net/

Amy Jade Winehouse

Amy Jade Winehouse  (lahir 14 September 1983 – meninggal di London, Inggris, 23 Juli 2011 pada umur 27 tahun) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz, dan R&B dari Inggris. Album perdananya,  Frank  (2003) dinominasikan untuk  Mercury Prize . Winehouse adalah pemenang  Ivor Novello Awards  dua kali: pertama pada 2004 untuk single perdananya " Stronger than Me " dan kedua pada 2007 untuk single "Rehab". Pada 14 Februari2007, ia memenangkan BRIT Awards untuk Best British Female Artist. Winehouse dilahirkan di  Southgate , London, dari ayah Mitchell Winehouse dan ibu Janis. Pada usia 10 ia mendirikan duo rap Sweet 'n' Sour. Ia belajar gitar pada usia 13. Ketika berusia 16 tahun, ia mulai menyanyi secara profesional setelah temannya,  Tyler James , memberi kaset demonya ke seorang A&R. Ia dikotrak oleh  Island/Universal , di bawah manajemen  19 Management  milik  Simon Fuller . Winehouse meninggal pada usia 27 tahun tanggal 23 Juli 2011 di

sel tumbuhan dilihat melalui mikroskop

pengamatan ini dilakukan di SMA NEGERI 15 BANDUNG. oleh : Dwi Mutiara L Eprima Agnitasari Gusty Aditya A M Irfan Faisal Silmi Nazmi H dengan bimbingan guru biologi: Ibu Liza.