Langsung ke konten utama

Sabun Stroberi (Fragaria ananassa)



SABUN STROBERI (Fragaria ananassa)
L K S
Disusun dan dibuat dalam pembuatan LKS sebagai pedoman mengikuti Ujian Praktek Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) tengah semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. Konsep P4LH dan IPTEK dalam aplikasi bioteknologi.


                                    Disusun Oleh :
                                    Kelas               :  XII-IPA 2
                                    Kelompok       : 7
                                    Ketua              : Gusty Aditya Arrazaq            (18)
                                    Anggota          : 1. Aurora Ajeng Arimbi          (05)
                                                            2. Dwi Mutiara Lestari            (11)
                                                            3. Muhammad Irfan Faisal      (25)
                                                            4. Silmi Nazmi Hayati             (39)






  
Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 15
Jl. Sarimanis I no. 1 Sarijadi, Bandung 40151.
Tlp/Fax: (022) 2011975.
Website/E-mail : sman15bdg@yahoo.com
BANDUNG
2012




SABUN STROBERI (Fragaria annanasa)
A. Pendahuluan

 


A.1. Sejarah singkat stroberi
       
        Buah khas strawberry ini berasal dari Amerika dan dikembangbiakan dengan baik di daerah Amerika Utara untuk jenis Fragaria Virginiana yang terkenal akan rasanya dan Amerika Selatan, Chile untuk jenis Fragaria Chiloensis untuk ukuran besarnya. Nama Fragaria diambil dari kata ”Fragans” yang artinya harum yang merujuk dari bau harum buah strawberry.
        Beberapa etimologi dari kata Strawberry antara lain; dari kegiatan tukang kebun dengan menggunakan sedotan ”straw” untuk menanam buah ini dan melindungi dari proses pembusukan atau juga dapat berasal dari jaman Anglo-Saxon dimana kata kerja untuk menaburkan “Strew”(maksud/arti untuk menyebar di sekelilingnya) yang adalah ”Streabergen” (Strea berarti ” menaburkan” dan Bergen berarti biji atau buah). Kemudian streberie, straiberie, strauberie, straubery,  strauberry, dan akhirnya menjadi ”Strawberry”. Nama ini disinyalir karena faktanya bahwa bibit / biji dari buah ini ditaburkan ( Strewn ) sepanjang tanah.
        Dalam sejarah Yunani kuno, buah yang satu ini diangkat resmi sebagai lambang dewi Cinta karena keberadaannya luar dalam. Keindahan cinta waktu itu dilambangkan oleh warna, rasa, dan kebolehan buah ini. Sejak itulah buah ini menjadi terkenal. Dari segi fisiknya terbilang cantik, menggiurkan, feminin, sensitif dan manis, seperti layaknya seorang wanita. Maka, banyak orang menyebut buah strawberry dengan buah cinta.
        Strawberry mulai di kenal di Indonesia pada pertengahan tahun 1990-an. Strawberry yang memerlukan temperatur  rendah untuk tumbuh dengan baik sangat cocok dengan daerah Rancabali, Bandung. Strawberry yang banyak ditanam penduduk adalah Fragaria Nilgerrensis yang oleh warga setempat lebih dikenal dengan Strawberry Nyodo. Selain di daerah Jawa Barat, Strawberry juga mulai dibudidayakan di daerah Tawangmangu Kabupaten Karang Anyar, Sukabumi, Cipanas, Lembang, Batu dan Bedugul (Bali).
        Stroberi bisa diubah menjadi bermacam-macam bahan makanan atau bioteknologi yaitu agar-agar stroberi, dodol stroberi, selai stroberi, sabun stroberi, es krim stroberi, dan permen stroberi.

Kingdom            : Plantae
Divisi                : Spermatophyta
Subdivisi           : Angiospermae
Kelas                : Dicotyledonae
Ordo (bangsa)    : Rosales
Famili (suku)      : Rosaideae
Subfamili           : Rosaceae
Genus (marga)    : Fragaria
Spesies              : Fragaria annanasa


A.2. Jenis-jenis stroberi
        Berikut beberapa jenis stroberi:
·                     Fragaria annanasa
·                     Fragaria daltoniana
·                     Fragaria glauca
·                     Fragaria Iinumae
·                     Fragaria moupinensis
·                     Fragaria nilgerrensis
·                     Fragaria nipponica
·                     Fragaria nubicola
·                     Fragaria orientalis
·                     Fragaria viridis
·                     Fragaria vesca
·                     Fragaria iturupensis


Jenis stroberi yang dipilih untuk pembuatan sabun ini adalah jenis Fragaria annanasa, karena strobri jenis ini lebih mudah di dapat di pasar indonesia dan merupakan jenis stroberi paling banyak dibudidayakan di Indonesia.

A.3. Cara tumbuh herba

        Sebelum kita menanam stroberi ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui syatrat-syarat tempat yang benar-benar sesuai bagi pertumbuhannya. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai syarat lingkungan yang sesuai untuk tumbuh dan berproduksi. Sebab jika ternyata dikemudian hari ditemukan bahwa lingkungannya tidak cocok, maka segala jerih payah kita akan sia-sia. Misalnya, ia akan susah tumbuh dan merana. Ataupun mungkin saja walaupun tumbuh subur dengan daun yang cukup lebat, tetapi tanaman kita sedikit berbunga samapai tidak berbunga sama sekali. Atau dapat berbunga tapi bunga tersebut gagal menjadi buah.
        Kondisi lingkungan tempat tanaman ini tumbuh dapat pula mempengaruhi rasa dan aroma buah stroberi, walaupun hal ini dipengaruhi oleh sifat genetik tanamannya. Varietas stroberi yang tumbuh di bawah cuaca cerah tetapi dingin pada malam harinya akan mempunyai rasa lebih enak disbanding yang tumbuh di bawah udara berawan, lembab dan panas di malam hari (Soemadi, 1997).

A.3.1. Tempat

        Ketinggian tempat yang memenuhi syarat iklim tersebut adalah 1.000-1.500 meter dpl.

A.3.2. Bibit

        Stroberi diperbanyak dengan biji dan bibit vegetatif (anakkan dan stolon atau akar sulur). Adapun kebutuhan bibit per hektar antara 40.000-83.350.

A.3.2.1. Perbanyakan dengan biji

·          Benih dibeli dari toko pertanian, rendam benih di dalam air selama 15 menit lalu keringkan.
·          Kotak persemaian berupa kotak kayu atau plastik, diisi dengan media berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kandang (kompos) halus yang bersih (1:1:1). Benih disemaikan merata di atas media dan tutup dengan tanah tipis. Kotak semai ditutup dengan plastik atau kaca bening dan disimpan pada temperatur18-20 derajat C.
·          Persemaian disiram setiap hari, setelah bibit berdaun dua helai siap dipindahtanam ke bedeng sapih dengan jarak antar bibit 2-3 cm. Media tanam bedeng sapih sama dengan media persemaian. Bedengan dinaungi dengan plastik bening. Selama di dalam bedengan, bibit diberi pupuk daun. Setelah berukuran 10 cm dan tanaman telah merumpun, bibit dipindahkan ke kebun.

A.3.2.2. Bibit vegetatif untuk budidaya stroberi di kebun

        Tanaman induk yang dipilih harus berumur 1-2 tahun, sehat dan produktif. Penyiapan bibit anakan dan stolon adalah sebagai berikut:

o       Bibit anakkan : Rumpun dibongkar dengan cangkul, tanaman induk dibagi menjadi beberapa bagian yang sedikitnya mengandung 1 anakkan. Setiap anakan ditanam dalam polibag 18 x 15 cm berisi campuran tanah, pasir dan pupuk kandang halus (1:1:1), simpan di tempat persemaian beratap plastik.

o       Bibit stolon : Rumpun yang dipilih telah memiliki akar sulur pertama dan kedua. Kedua akar sulur ini dipotong. Bibit ditanam di dalam atau polibag 18 x 15 cm berisi campuran tanah, pasir dan pupuk kandang (1:1:1). Setelah tingginya 10 cm dan berdaun rimbun, bibit siap dipindahkan ke kebun.

A.3.2.3. Bibit untuk budidaya stroberi di polibag

        Pembibitan dari benih atau anakkan/stolon dilakukan dengan cara yang sama, tetapi media tanam berupa campuran gabah padi dan pupuk kandang (2:1). Setelah bibit di persemaian berdaun dua atau bibit dari anakan/stolon di polibag kecil (18 x15) siap pindah, bibit dipindahkan ke polibag besar ukuran 30 x 20 cm berisi media yang sama. Di polibag ini bibit dipelihara sampai menghasilkan.

A.3.3. Persemaian

        Kotak persemaian berupa kotak kayu atau plastik, diisi dengan media berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kandang (kompos) halus yang bersih (1:1:1). Benih disemaikan merata di atas media dan tutup dengan tanah tipis. Kotak semai ditutup dengan plastik atau kaca bening dan disimpan pada temperatur18°-20° C.

A.3.4. Iklim

        Tanaman stroberi dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan curah hujan 600 – 700 mm/tahun. Lamanya penyinaran cahaya matahari yang di butuhkan dalam pertumbuhan adalah 8 – 9 jam setiap harinya. Stroberi adalah tanaman subtropis yang dapat beradaptasi dengan baik di dataran tinggi tropis yang memiliki temperatur 17 – 20oC. Kelembaban udara yang baik untuk pertumbuhan tanaman stroberi anatara 80 – 90 % (Anonimus, 2005).

A.3.5. Tanah

        Jika ditanam di kebun, tanah yang di butuhkan adalah tanah liat berpasir,subur, gembur, mengandung banyak bahan organik, tata air dan udara baik, derajat keasaman tanah (ph tanah) yang ideal untuk budidaya stroberi di kebun adalah 5.4 – 7.0, sedangkan untuk budidaya di pot adalah 6.5 – 7.0. Jika di tanam di kebun maka kedalaman air tanah yang disyaratkan adalah 50-100 cm dari permukaan tanah. Jika di tanam di dalam pot, media harus memiliki sifat poros, mudah merembeskan air da unsure hara selalu tersedia. Ketinggian tempat yang memenuhi syarat iklim tersebut adalah 1.000 – 1.500 meter dpl. (Anonimus, 2005).

A.3.6. Suhu

          Fragaria annanasa akan tumbuh dengan baik di dalam temperatur 17 °–20°C.
A.4. Hama
A.4.1. Kutu daun (Chaetosiphon fragaefolii)

        Bagian yang diserang : permukaan daun bagian bawah, kuncup bunga, pucuk atau batang muda. Gejala : pucuk atau daun keriput, keriting, kadang-kadang pembentukan daun atau buah terhambat. Pencegahan gunakan Pentana + Aero 810 atau Natural BVR.

A.4.2. Tungau (Tetranychus sp -Tarsonemus sp)

        Bagian yang diserang: daun,tangkai, dan buah. Gejala :daun bercak kuning, coklat, keriting akhirnya daun rontok. Pencegahan Pentana + Aero 810 atau Natural BVR.

A.4.3. Kumbang penggerek bunga (Anthonomus rubi)
        Kumbang penggerek akar (Othiorhychus rugosostriatus), kumbang penggerek batang (O. Sulcatus). Gejala serangan : adanya bubuk berupa tepung pada bagian yang digereknya. Pencegahan semprotkan Pestona atau Pentana + Aero 810 secara bergantian.
          Pengendalian : perbaiki drainase, pengapuran tanah, rotasi tanaman, gunakan bibit yang sehat dan hindari luka mekanis pada pemeliharaan, musnahkan tanaman yang terinfeksi berat.

A.5 Cara memanen hasil

          Tanaman asal stolon dan anakan mulai berbunga ketika berumur 2 bulan setelah tanam. Bunga pertama sebaiknya dibuang. Setelah tanaman berumur 4 bulan, bunga dibiarkan tumbuh menjadi buah. Periode pembungaan dan pembuahan dapat berlangsung selama 2 tahun tanpa henti.
Ciri dan umur panen:
      1.            -Buah agak kenyal dan agak empuk.
      2.            -Kulit buah didominasi warna merah: hijau kemerahan hingga kuning kemerahan.
      3.            -Buah berumur 2 minggu sejak pembungaan atau 10 hari setelah awal pembentukan buah.
        Panen dilakukan dengan menggunting bagian tangkai bunga dan kelopaknya. Panen dilakukan dua kali seminggu.

A.6 Manfaat herba

·          Anti Kanker
        Vitamin A yang terdapat di dalam buah ini, dapat membantu mencegah pembentukan radikal bebas, vitamin C menjaga reaksi bahaya di dalam sel, vitamin E can asam ellagic akan bertugas melindungi Binding sel Bari kerusakan karena radikal bebas. Asam ellagic akan membantu melumpuhkan kerja aktif sel kanker.
·          Anti Aging
        Stroberi memiliki konsentrasi tujuh zat anti oksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, menjadikannya efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh karena radikal bebas. Karena kandungan vitamin BI, B2, C dan Provitamin A pada stroberi dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit lebih cerah, bersih serta dapat mencegah teriadinya pengeriputan pada kulit.
·          Mengencangkan Kulit
        Stroberi yang dimakan teratur dapat mengencangkan, menghaluskan, serta membuat warna kulit lebih cerah dan bersih.
·          Mengatasi Panas Dalam
        Menikmati jus buah stroberi juga dapat mengatasi panas dalam.
·          Mencegah Leukimia
        Buah strawberry juga memiliki efek terapi yang sangat baik untuk mencegah penyakit leukimia, anemia (kurang darah) dan penyakit darah. Dua macam zat yang terkandung di dalamnya, “stroberi amine” clan “asam tanae,, memiliki efek mengekang pertumbuhan dan terjadinya tumor ganas.
·          Memutihkan Gigi
        Stroberi bisa digunakan untuk memutihkan gigi, caranya hancurkan buah stroberi, kemudian dengan menggunakan jari, tempelkan pada gigi kemudian biarkan selama satu atau dua menit. Setelah itu gosok dengan sikat gigi secara menyeluruh.

B. Tujuan Pembuatan LKS

1. Mengetahui cara penanaman Fragaria annanasa yang baik.
2. Mengetahui cara memelihara Fragaria annanasa yang baik.
3. Mengetahui cara mengawasi Fragaria annanasa yang baik.
4. Mengetahui cara memanen Fragaria annanasa.
5. Mengetahui hama yang dapat menyerang Fragaria annanasa.
5. Mengetahui manfaat Fragaria annanasa bagi tubuh manusia.
6. Mengetahui keunggulan bioteknologi Fragaria annanasa.
7.Mengetahui cara membuat bioteknologi sabun Fragaria annanasa.

C. Alat dan Bahan
C.1. Alat yang digunakan

- 1 wadah stainles stell
- Timbangan
- 1 panci/wajan stainles steel
- 2 lembar plastik/kertas lilin
- 1 cetakan stainles steel
- kain tebal
- sendok stainles steel
- sarung tangan karet
- masker
- 3 wadah/ mangkuk plastik
- jas laboratorium
- termometer air
- pisau
- blender
- gunting
- jam tangan
- kompor

C.2. Bahan yang digunakan

- 142 gr minyak kelapa ( 33sdm )
- 142 gr minyak sawit ( 33 sdm)
- 452 gr minyak zaitun ( 106 sdm)
- 102 gr NaOH
- 240 gr air mentah (suhu 20oC)
- 20 gr pewangi ( Strawberry fragrance)
- 200 gr stroberi/Fragaria ananassa ( 24 buah dengan diameter +/- 2,5 cm)

D. Langkah kerja

D. Langkah kerja
1.                  Sterilisasi semua alat yang akan digunakan.

2.                  Timbang 142 gr minyak kelapa, 142 gr minyak sawit, 452 gr minyak zaitun, 102 gr NaOH, 240 gr  air mentah, 20 gr pewangi/strawberry fragrance, dan 200 gr stroberi menggunakan timbangan.

3.                 
Campur 102 gr NaOH dengan 240 gr air mentah di dalam suhu 20oC ke dalam wadah stainles steel, caranya adalah memasukkan NaOH ke dalam air tersebut, bukan sebaliknya.
4.                  Diamkan larutan alkali menjadi hangat di dalam suhu sekitar 45 derajat celcius (dari panas awal sekitar 90 derajat celcius).

5.                  Selagi menunggu larutan alkali menjadi 45 derajat celcius, cuci 200 gr stroberi dengan air bersih, lalu haluskan 200 gr stroberi tersebut  menggunakan blender selama 2 menit.

6.                 



Ketika larutan alkali mencapai suhu 45 derajat celcius, panaskan 142 gr minyak kelapa, 142 gr minyak sawit dan 452 gr minyak zaitun di dalam panci/wajan stainles steel hingga suhu 45 derajat celcius.

7.                 

Masukkan campuran minyak yang telah dimasak ke dalam wadah stainles steel yang berisi larutan alkali tadi, aduk dengan memakai sendok stainles steel, sehingga dalam waktu kurang dari 30 detik sabun sudah mulai mengental.

8.                  Masukkan 200 gr stroberi yang telah di haluskan dengan blender dan 20 gr pewangi strawberry fragrance ke dalam panci yang berisi sabun yang sudah mulai mengental.

9.                 

Setelah tercampur rata, tuang adonan sabun ke dalam cetakan yang telah dialasi plastik atau kertas lilin. Tutup bagian atas dengan plastik, tutup permukaannya dengan kain yang tebal.

10.             
Diamkan selama 3 jam agar proses saponifikasi/proses menjadi sabun benar-benar sempurna.

11.              Keluarkan sabun dari cetakan dan potong-potong sesuai selera.

*catatan kelompok :

1.                        NaOH adalah bahan kimia yang reaktif. (NaOH memiliki kelarutan dalam air 111 g/ 100 ml di dalam suhu 20oC akan melepaskan panas ketika   dilarukan).

2.                        Menutup adonan sabun yang telah dituangkan ke cetakan dengan        plastik dan dilapisi kain tebal dalam keaadaan panas di dalam suhu        lebih dari 27 derajat celcius menyebabkan terjadinya ledakan pada              adonan sabun.

3.                        Panci yang digunakan harus stainles steel, bukan alumunium atau seng,       karena alumunium mudah korosif jika terkena larutan alkali.
4.                        Pada saat proses mencampur 102 gr NaOH dengan 240 gr air mentah di     dalam suhu 20oC ke dalam wadah stainles steel, harus menggunakan      pakaian laboratorium dengan baik yaitu menggunakan jas laboratorium,             sarung tangan karet, dan masker. Seperti gambar berikut ini:







E. Hasil (produk) dan penyajian




Kesimpulan

          Membuat sabun mandi sendiri ternyata lebih bermanfaat daripada membeli sabun mandi di pasaran, sebab dengan membuat sabun sendiri, kita menjadi tahu kandungan apa saja yang ada dalam sabun tersebut. Harga sabun mandi di pasaran berkisar antara Rp.1000 – 3000. Menurut beberapa literatur yang ada, sabun mandi di pasaran memakai bahan dasar SLS (Sodium Lauryl Sulfate), SLS ini  adalah bahan yang dipakai untuk membuat detergent. SLS disebut juga surfactant (agen pembersih). SLS juga dipakai untuk bahan pembersih lantai. Produsen bisa membuat sabun dengan harga yang murah. Namun dengan kualitas yang buruk.
        Resep cara membuat sabun disini bisa dikatakan sabun natural (alami), karena sabun ini dibuat dengan memakai lima jenis minyak yang sangat bermanfaat untuk kulit, antara lain minyak zaitun, minyak kedelai, minyak kelapa, minyak sawit dan minyak castor. Untuk aromanya ditambahkan Strawberry fragrance, warna coklat adalah warna alami yang keluar dari sabun itu sendiri.
          Sabun natural juga mengandung gliserin alami yang sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit menjadi kering. Anda tidak perlu memakai hand body lotion lagi, karena dengan memakai sabun natural kulit halus sepanjang hari.
        Sabun Stroberi adalah sabun yang terbuat dari buah stroberi dan bahan traditional (minyak kelapa murni).  Sabun ini berguna untuk menghaluskan, melembabkan badan, antioksidan dan tetap menjaga kulit tetap kencang.
        Buah ini mempunyai konsentrasi tujuh zat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain , sehingga strawberry merupakan buah yang efektif untuk mencegah proses oksidasi pada tubuh.
        Oksidasi sendiri adalah hancurnya jaringan tubuh karena pengaruh radikal bebas seperti asap kendaraan, rokok maupun polusi. Oksidasi sendiri juga berpengaruh besar pada proses penuaan pada kulit. Selain itu, buah satu ini memang banyak mengandung asam salisilat ( salah satu jenis asam beta -hidroksi yang membantu mengencangkan kulit ) , silica, serta vitamin B , C, E dan K. Dengan kemampuannya menyehatkan dan meremajakan kulit, stroberi cocok digunakan untuk hampir semua jenis kulit .
        Minyak kelapa murni dengan kandungan utama asam laurat ini memiliki sifat antibiotik, anti bakteri dan jamur.
        Minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan Virgin Coconut Oil (VCO) merupakan merupakan modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga dihasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna bening, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama yaitu lebih dari 12 bulan.



Daftar Pustaka




Lampiran 1
Rujukan Penggunaan Natrium Hidroksida
            Natrium Hydroxide (NaOH) / Sodium Hydroxide / lye / caustic soda / soda api merupakan bahan utama selain minyak dalam pembuatan sabun. Melalui reaksi kimia, NaOH mengubah minyak atau lemak menjadi sabun. Selain itu NaOH juga diperlukan untuk membuat sampo dan body lotion.
Identitas Natrium Hidroksida (NaOH) :
Nama lain                    :           Soda kaustik
Penampilan                  :           zat padat putih
Titik lebur                    :           318oC (591 K)
Titik didih                   :           1390oC (1663 K)
Kelarutan dalam air     :           111g/100ml (20oC)
Kebasaan                     :           -2,43   

Dalam membuat larutan alkali (air + NaOH) ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
1.      Gunakan baju lengan panjang, kaca mata pelindung, masker dan sarung tangan karet. Prinsip kehati – hatian sangat diperlukan. Sediakan pula cairan cuka, hal ini untuk mengantisipasi apabila kulit terkena cairan alkali.
2.      Lakukan di ruangan terbuka, misalnya di taman atau di tempat yang mempunyai udara bebas. Jangan menghirup udara yang keluar dari larutan ini.
3.      Selalu memasukkan NaOH ke dalam air (dengan pelan) dan bukan sebaliknya. Jika Anda melakukan sebaliknya, akan mengakibatkan letupan yang sangat berbahaya bagi kulit dan mata.
4.      Jauhkan dari jangkauan anak – anak / tidak melibatkan anak – anak sama sekali.

Kerugian menggunakan NaOH
·         cairan ini bisa mengakibatkan kebutaan apabila terkena mata.
·         mengakibatkan rasa terbakar apabila mengenai kulit.
·         Bersifat korosif (kerusakan logam akibat reaksi redoks antara suatu logam denga berbagai zat dilingkungannya yang menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak di kehendaki)
·         harganya lebih mahal dibandingkan Sodium Lauryl Sulfate

Keuntungan menggunakan NaOH
·         busa sabun yang menggunkan NaOH tidak akan menjadi limbah yang berbahaya bagi lingkungan karena dapat diproses atau diserap oleh tanah.
·         Kualitas lebih baik dalam pembuatan sabun apabila dibandingkan dengan Sodium Lauryl Sulfate

Lampiran 2
Tabel eksperimen sampel
No.
Nama
Penilaian
Alasan
B
N
TB





























































Catatan :
B = Baik.
N = Netral/Biasa saja.
TB = Tidak baik.


Lampiran 3
BIODATA PENYUSUN

Nama
:
Gusty Aditya Arrazaq
Kelas
:
XII –  IPA 2
No. Absen
:
18
Kelompok
:
7 (Ketua)
Alamat
:
Jl. Sastra No.7 Cipaganti Bandung
No. HP
:
085xxxxxxxxxx
Hobi
:
Menulis, menggambar.
Tempat, tanggal lahir
:
Bandung, 23 Maret 1995
Motto
:
Dimana ada kemauan disana ada jalan.
Cita-cita
:
Arsitek
Riwayat Pendidikan
:
Ø    TK Cipaganti Bandung
Ø    SD N Sejahtera 3 Bandung
Ø    SMP N 40 Bandung
Ø    SMA N 15 Bandung (sedang berlangsung)
Prestasi
:
·         Juara 2 Lomba Keterampilan Baris Berbaris tingkat se-JABODETABEK, Jawa Barat, dan Banten.
·         Juara 1 LKBB Angkasa Husein Sastranegara se-Kota Bandung.
·         Juara 1 LKBB SMAN 8 se-Kota Bandung.
·         Juara 1 LKBB SMAN 2 Cimahi se-Kota Bandung.
·         Juara 2 LKBB Padalarang se-Jawa Barat.
·         Juara 2 Madya LKBB SMAN 2 Cimahi se-Kota Bandung.
·         Juara Harapan 1 LKBB Krida Nusantara se-Jawa Barat.
·         Juara 2 Bina LKBB Krida Nusantara se-Jawa Barat.
·         Juara 2 Madya LKBB SMAN 17 se-Kota Bandung.
·         Juara kostum paskibra terbaik SMAN 17 se-Kota Bandung






Nama
:
Muhammad Irfan Faisal
Kelas
:
XII  – IPA 2
No. Absen
:
25
Kelompok
:
7
Alamat
:
Jl. Komud supadio no.43/72 Bandung
No. HP
:
081xxxxxxxxxx
Hobi
:
Olahraga
Tempat, tanggal lahir
:
Bandung, 2 Juli 1994
Motto
:
Carilah pegangan percayakan pada Allah SWT.
Cita-cita
:
Atlet, seniman.
Riwayat Pendidikan
:
Ø    TK -
Ø    SD N Jatayu Bandung
Ø    SMP N 1 Bandung
Ø    SMA N 15 Bandung (sedang berlangsung)
Prestasi
:
Juara lomba 17 agustusan - marathon







Nama
:
Silmi Nazmi Hayati
Kelas
:
XII  – IPA 2
No. Absen
:
39
Kelompok
:
7
Alamat
:
Komplek panghegar permai jalan panineungan no.9 Ujung Berung Bandung
No. HP
:
087xxxxxxxxxx
Hobi
:
menulis
Tempat, tanggal lahir
:
Bandung, 26 November 1995
Motto
:
Tetap yakin walau orang lain berkata tidak mungkin
Cita-cita
:
Dokter
Riwayat Pendidikan
:
Ø    TK Al-muntasir
Ø    SD Haur Pancuh Bandung
Ø    SMP N 16 Bandung
Ø    SMA N 15 Bandung (sedang berlangsung)
Prestasi
:
Juara mengaji





Nama
:
Aurora Ajeng Arimbi
Kelas
:
XII  – IPA 2
No. Absen
:
05
Kelompok
:
7
Alamat
:
Jl. Sarijadi no.144 Bandung
No. HP
:
085xxxxxxxxxx
Hobi
:
Mendengarkan musik
Tempat, tanggal lahir
:
Padang, 27 Juni 1995
Motto
:
Semangat menuju sukses
Cita-cita
:
Wanita karir
Riwayat Pendidikan
:
Ø    TK Adzkia
Ø    SD Banjarsari 1 Bandung
Ø    SMP N 15 Bandung
Ø    SMA N 15 Bandung (sedang berlangsung)
Prestasi
:
Lomba tari





Nama
:
Dwi Mutiara Lestari
Kelas
:
XII  – IPA 2
No. Absen
:
11
Kelompok
:
7
Alamat
:
Jl. Cibarengkok 132/182c Bandung
No. HP
:
089xxxxxxxxxx
Hobi
:
Membaca novel
Tempat, tanggal lahir
:
Bandung, 23 Mei 1995
Motto
:
Let it flow
Cita-cita
:
Menjadi orang sukses makmur sentosa
Riwayat Pendidikan
:
Ø    TK Aisiyah
Ø    SD Sukagalih 2 Bandung
Ø    SMP N 26 Bandung
Ø    SMA N 15 Bandung (sedang berlangsung)
Prestasi
:
Siswa teladan SD







Data ini berdasarkan 3 percobaan yang telah dilakukan oleh kami siswa SMAN 15 Bandung berdasarkan beberapa literatur yang ada, baik dari guru, buku, dan internet. Semoga bermanfaat.. :)

GUSTY ADITYA ARRAZAQ
AURORA AJENG ARIMBI
DWI MUTIARA LESTARI
MUHAMMAD IRFAN FAISAL
SILMI NAZMI HAYATI








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Nabi Isa a.s - Power Point

Presented by Gusty Aditya Arrazaq Dwi Mutiara Lestari M Irfan Faisal Silmi Nazmi H Candra Setiawan Wildan Paksi P Guru Pembimbing : Ibu Nining SMA NEGERI 15 BANDUNG JL. Sarimanis I http://www.sman15bdg.net/

Amy Jade Winehouse

Amy Jade Winehouse  (lahir 14 September 1983 – meninggal di London, Inggris, 23 Juli 2011 pada umur 27 tahun) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz, dan R&B dari Inggris. Album perdananya,  Frank  (2003) dinominasikan untuk  Mercury Prize . Winehouse adalah pemenang  Ivor Novello Awards  dua kali: pertama pada 2004 untuk single perdananya " Stronger than Me " dan kedua pada 2007 untuk single "Rehab". Pada 14 Februari2007, ia memenangkan BRIT Awards untuk Best British Female Artist. Winehouse dilahirkan di  Southgate , London, dari ayah Mitchell Winehouse dan ibu Janis. Pada usia 10 ia mendirikan duo rap Sweet 'n' Sour. Ia belajar gitar pada usia 13. Ketika berusia 16 tahun, ia mulai menyanyi secara profesional setelah temannya,  Tyler James , memberi kaset demonya ke seorang A&R. Ia dikotrak oleh  Island/Universal , di bawah manajemen  19 Management  milik  Simon Fuller . Winehouse meninggal pada usia 27 tahun tanggal 23 Juli 2011 di

sel tumbuhan dilihat melalui mikroskop

pengamatan ini dilakukan di SMA NEGERI 15 BANDUNG. oleh : Dwi Mutiara L Eprima Agnitasari Gusty Aditya A M Irfan Faisal Silmi Nazmi H dengan bimbingan guru biologi: Ibu Liza.